Latar Belakang Pendirian UMPTB

Universitas Megou Pak merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang terdapat di Tulang Bawang, Lampung. Universitas Megou Pak Beralamat : Jl. Lintas Timur Tulang Bawang, Menggala 79117, Lampung

Berawal dari niat luhur Yth. Bapak Bupati Tulang Bawang Dr.Hi. Abdurachman Sarbini, S.H., M.M. untuk mengimplementasikan amanat konstitusi dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan mensejahterakan masyarakat, maka pada bulan Mei 2006 dibentuk Panitia Pendirian Universitas Megow Pak Tulang Bawang. Pembentukan Panitia tersebut dikukuhkan melalui Surat Keputusan Bupati Tulang Bawang No. B/232.B/B6.1/HK/TB/2006.Tugas panitia pendiri antara lain :

(1) mengupayakan perizinan pendirian Universitas Megow Pak Tulang Bawang.

(2) menyusun rancangan pemanfaatan lahan untuk gedung kampus Universitas Megow Pak Tulang Bawang

(3) membentuk Yayasan yang menaungi Universitas Megow Pak Tulang Bawang





Pada Bulan Juli 2006 Panitia Pendiri meyelenggarakan rapat pembentukan Yayasan Megow Pak Tulang Bawang, dan akhirnya terbentuk dengan Akte Notaris Amran, SH. Nomor: 94.

Selanjutnya, rapat menetapkan untuk merealisasikan pendirian Perguruan Tinggi di Menggala, yang diberinama Universitas Megow Pak Tulang Bawang.

Usulan Pendirian Universitas Megow Pak Tulang Bawang mendapat persetujuan dan direkomendasikan oleh DPRD Kabupaten Tulang Bawang dengan No. 170/564/DPRD-TB/2006 tanggal 18 Agustus 2006, dan Surat Bupati Tulang Bawang No. 800/117d/IIIA/DP-TB/2006 tanggal 14 Agustus 2006.

Nama Megow Pak dimunculkan atas dasar histories bahwa masyarakat Tulang Bawang yang memiliki budaya adat Pepadun terdiri atas empat (‘pak’) marga (‘megow’), yaitu marga Buay Bolan, Buay Tegamo’an, Buay Suasi Umpu, dan Buay Ajei.



Pendirian Universitas ini dimaksudkan untuk mengembalikan Citra Tulang Bawang di Menggala ketika zaman penjajahan Belanda yang terkenal sebagai pusat pendidikan dan pusat perdagangan. Dikatakan sebagai pusat pendidikan karena adanya sekolah HIS (Holand Indische School) satu-satunya sekolah di wilayah Utara Propinsi Lampung (Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat, dan Tulang Bawang).

Siswa-siswa sekolah HIS berasal dari kabupaten-kabupaten tersebut di atas. Sebagai pusat perdagangan karena adanya pelabuhan atau Dermaga Sungai Tulang Bawang di Utara Propinsi Lampung yang terhubung ke pantai Timur Samudera Indonesia, yang mana ketika itu kapal-kapal dalam dan luar negeri masuk, hal ini menjadikan Menggala sebagai pusat perekonomian bagi wilayah Utara Lampung.

Atas dasar pemikiran inilah Panitia Pendiri /Pembangunan Universitas Megow Pak Tulang Bawang melalui ketua dan Sekretaris (Ir. Dewangga Nikmatullah, M.S. dan Dr. Hery Yufrizal, M.A.) menugaskan Yayasan Megow Pak Tulang Bawang, untuk mengajukan permohonan/usulan melalui suratnya No. 05/P3T/UMPM/VIII/2006 tanggal 28 Agustus 2006 kepada Menteri Pendidikan Nasional untuk melakukan alih kelola, perubahan nama dan pindah lokasi Universitas Dirgantara Indonesia yang diselenggarakan oleh Yayasan Pusat Pelatihan Keterampilan Profesional (PPKP) di Yogyakarta. Pada yanggal 24 Agustus 2006 diadakan penandatanganan Memorandum of Undrstanding (MoU) serah terima kepemilikan atas Universitas Dirgantara Indonesia dari Yayasan PPKP kepada Yayasan Megow Pak Tulang Bawang, bertempat di Aula Gedung Serba Guna (GSG) Tulang Bawang oleh Ketua Yayasan Megow Pak Tulang Bawang, ketua Yayasan PPKP Lintang Kesuma Dewi, Pemilik Yayasan/UDI Bapak Kusman Adi disaksikan Bupati Abdurachman Sarbini, Wakil Ketua DPRD Tulang Bawang Herman Artha.

Menindaklanjuti Keputusan tersebut pada tanggal 20 November 2006 dilakukan pembentukan dan pelantikan Badan Penyelenggara Universitas Megow Pak Tulang Bawang(BP-UMPTB), sebagai ketua ditunjuk Dr. Iwan Dulmansyah, S.KM., M.S. yang ditugaskan menyelenggarakan proses Tri Dharma Perguruan Tinggi pada UMPTB.

Setelah secara administrasi terbentuk Universitas Megow Pak Tulang Bawang, Pemda Tulang Bawang membeli Tanah 30 Ha dari 6 orang pemilik tanah langsung sertifikat, yang kemudian diperuntukkan sebagai kampus UMPTB. Di atas lahan seluas 30 Ha tersebut kemudian mulai dibangun gedung rektorat dan 1 gedung perkuliahan.

Perkembangan terus berlanjut, kepemimpinan UMPTB yang sebelumnya dikuasakan kepada Plt. Rektor kepada Dr. Iwan Dulmansyah, SK.M., M.S; Sejak bulan Juni 2007 berganti kepada Plt. Rektor Ir. Dewangga Nikmatullah, M.S. Pada akhir 2007, melalui SK Bupati No. B/232/B/B6/HK/TB/2007 dikukuhkan Rektor definitif Dr. Ratu Betta R. Carapeboka, M.Si. Kemudian pada tahun 2008 tepatnya pada 28 April 2008, keberadaan UMPTB dikuatkan melalui penetapan Perda Kabupaten Tulang Bawang No. 12 tahun 2008, yang diundangkan pada tanggal 4 Mei 2008, tentang Pengelolaan Universitas Megow Pak Tulang Bawang oleh DPRD Tulang Bawang.

|| | Copyright 2012 By : Fikry Arpendos | Created By : DjaiL ||